Kamis, 02 Januari 2014

LCD 2 x 16 KARAKTER


                Modul LCD Character dapat dengan mudah dihubungkan dengan mikrokontroller seperti AT89S51. LCD yang akan kita praktikumkan ini mempunyai lebar display 2 baris 16 kolom atau biasa disebut sebagai LCD Character 2x16, dengan 16 pin konektor, yang didifinisikan sebagai berikut:



-Display  karakter  pada  LCD  diatur  oleh  pin  EN,  RS  dan  RW:  Jalur  EN  dinamakan  Enable.  Jalur  ini digunakan untuk memberitahu LCD bahwa anda sedang mengirimkan sebuah data. Untuk mengirimkan data ke LCD, maka melalui program EN harus dibuat logika low “0” dan set pada dua jalur kontrol yang lain  RS  dan  RW.  Ketika  dua  jalur  yang  lain  telah  siap,  set  EN  dengan  logika  “1”  dan  tunggu  untuk sejumlah waktu tertentu ( sesuai dengan datasheet dari LCD tersebut ) dan berikutnya set EN ke logika low “0” lagi.
-Jalur  RS  adalah  jalur  Register  Select.  Ketika  RS  berlogika  low  “0”,  data  akan  dianggap  sebagai  sebuahperintah atau instruksi khusus ( seperti clear screen, posisi kursor dll ). Ketika RS berlogika high “1”, data yang  dikirim  adalah  data  text  yang  akan  ditampilkan  pada  display  LCD.  Sebagai  contoh,  untuk menampilkan huruf “T” pada layar LCD maka RS harus diset logika high “1”.
Jalur RW adalah jalur kontrol Read/ Write. Ketika RW berlogika low (0), maka informasi pada bus data akan dituliskan pada layar LCD. Ketika RW berlogika high ”1”, maka program akan melakukan
pembacaan memori dari LCD. Sedangkan pada aplikasi umum pin RW selalu diberi logika low ”0”.
Pada akhirnya, bus data terdiri dari 4 atau 8 jalur ( bergantung pada mode operasi yang dipilih oleh user ).
-Pada kasus bus data 8 bit, jalur diacukan sebagai DB0 s/d DB7
-Beberapa perintah dasar yang harus dipahami adalah inisialisasi LCD Character,

Materi lengkap dapat di download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar